Antisipasi Dini Ibu Siaga, Sedia Payung sebelum Hujan

Begitu banyak jenis obat luka bakar parah guna mengobati terjadinya luka bakar akibat terkena knalpot, setrika juga lainnya. Seringkali kejadian anak-anak mengalami insiden saat bermain sangat mengkhawatirkan. Namun, Anda tak perlu bingung, situasi seperti ini memang sering terjadi dan  tidak dapat diprediksikan. Mengingat, masa anak-anak begitu besar rasa ingin tahunya juga keinginan mengeksplorasi yang tinggi. Sering bermain di luar rumah dengan banyak teman dan tidak memperdulikan kondisi sekitar.

Bagi Anda yang sering memiliki pertanyaan seputar kesehatan keluarga, maka blog kesehatan Guesehat jawabannya. Platform terbaik di Indonesia menyajikan aneka jenis perawatan mulai dari luka ringan, aneka jenis macam penyakit juga dilengkapi info kesehatan lainnya. Menyediakan kotak pertolongan P3K juga dapat membantu Anda untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan kecil di dalam keluarga.

Untuk melakukan pertolongan pertama Anda dapat menyediakan beberapa obat maupun produk kesehatan ini di rumah.

Saat anak mengalami luka bakar juga luka lainnya

Saat luka bakar terjadi Anda dapat alirkan air dingin biasa selama kurang lebih 20 menit pada kulit yang terbakar sebelum kulit melepuh. Air berfungsi sebagai pencegah panas masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam. Basahi kain massa lembut dengan air dingin. Tepuk-tepukkan kain perlahan, biasanya saat kain ditempelkan akan terasa perih menyengat.

oleskan salep luka bakar yang bisa Anda beli di apotek atau sesuai resep dokter. Pilihlah salep luka bakar yang memiliki bahan alami seperti rimpang Coptidis (Coptidis rhizome), batang Phellodendri (Phellodendri chinensis), akar Scutellariae (Scutellariae radix), serta minyak wijen. Bahan tersebut  efektif membantu menjaga kelembaban luka yang terbakar. Jika luka terbakar menandingi kian parah, segera minta bantuan medis.

Untuk insiden terjatuh Anda dapat menyediakan plester luka berbagai ukuran, kapas, alkohol, juga cotton bud saat anak terluka ataupun terjatuh. Alkohol sangat efektif sebagai anti bakteri, ketika membersihkan luka. Simpan kapas dan cotton bud dalam wadah kering dan tertutup untuk menjaga kebersihannya. Perhatikan luka anak, jika luka cukup dalam atau berdiameter lebih dari satu sentimeter, segera temui dokter.

Perlu diwaspadai, jika luka ini disertai gejala mual, muntah, kepala pusing hingga pingsan. Segera bawa ke pusat kesehatan atau rumah sakit terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *