MANFAAT DAN EFEK SAMPING DARI MENGONSUMSI KOPI

Kopi kini sudah mejadi gaya hidup di kalangan masyarakat. Sebagian orang, mengkonsumsi secangkir kopi di pagi hari sudah menjadi kebiasaan rutin. Kopi hitam banyak dipilih karena cita rasanya yang khas dan efek stimulan. Yang mana dapat membuat orang yang mengkonsumsi nya merasa berenergi dan bersemangat beraktivitas. Namun berlebih mengkonsumsi kopi, juga memiliki efek samping. Maka sebaiknya anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja kandungan dan manfaat dalam kopi.

Manfaat Mengkonsumsi Kopi Bagi Tubuh

Kafein merupakan salah satu senyawa yang ada dalam kopi. Kopi sudah menjadi minuman berkafein yang sering dikonsumsi selain teh. Kafein sendiri terbukti aman untuk dikonsumsi dalam dosis tertentu. Namun jika dikonsumsi berlebihan, maka kafein bisa menyebabkan ketergantungan dan menyebabkan beberapa penyaki. Kopi memiliki antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

Berikut ini ada beberapa manfaat dari mengonsumsi kopi. Simak dibawah ini.

  1. Mencegah depresi

Menurut sebuah penelitian di dalam kopi mengandung antidepresan yang mampu mencegah depresi. Jadi dapat dikatakan orang yang sering mengkonsumsi kopi lebih mungkin terhindar dari risiko bunuh diri karena depresi.

  1. Mencegah penurunan fungsi otak

Mengkonsumsi kafein dalam jangka panjang akan berisiko terjadinya penyakit neurodegenerative. Hamun penelitian lain mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kafein dapat memperlambat proses penurunan fungsi otak akibat penuaan.

  1. Menurunkan berat badan

Kafein yang terkandung dalam kopi hitam dapat memicu metabolisme tubuh sehingga akan membantu proses pembakaran lemak. Kopi hitam juga dapat membantu proses penurunan berat badan dengan mengurangi nafsu makan.

  1. Mencegah diabetes tipe 2

Manfaat lainnya adalah mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Kandungan kafein dalam kopi juga bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Penurunan risiko munculnya kedua penyakit ini dikarenakan kandungan asam klorogenat yang terdapat di dalam kafein.

Efek Samping Mengkonsumsi Kopi

Memang mengkonsumsi kopi dalam batas wajar akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan kopi dapat menimbulkan beberapa efek samping. Berikut beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan akibat mengkonsumsi kopi secara berlebihan:

  1. Sulit tidur (insomnia)

Alasan seseorang suka minum kopi agar tetap terjaga dan tidak mudah mengantuk. Tetapi karena hal ini membuat seseorang menjadi insomnia yang berdampak buruk bagi kesehatan. Tidur nyenyak pun sulit untuk didapatkan. Kurangnya waktu tidur akan menurunkan kinerja tubuh seseorang. Jadi disarankan untuk menghindari minum kopi saat sore hari sudah tiba. Sebab minum kopi sore akan mengganggu kualitas tidur anda.

  1. Gelisah

Kafein yang terkandung di kopi dapat menghalangi pelepasan hormon adenosine (rasa lelah) di otak sehingga membuat anda sulit untuk merasa tenang dan beristirahat.

  1. Darah tinggi

Mengkonsumsi kopi secara berlebihan akan menyebabkan darah tinggi. Karena kafein secara cepat meningkatkan kekakuan terhadap arteri besar pada orang dengan tekanan darah tinggi.

  1. Kolesterol tinggi

Mengkonsumsi kopi secara berlebihan bisa meningkatkan kolesterol jahat. Karena akibat dari minyak yang disebut terpene yang ada dalam kopi. Mengkonsumsi lima cangkir kopi setiap hari dapat berpotensi tinggi naiknya kadar kolesterol darah sebesar 9%-8%.

  1. Menurunkan kesuburan

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan bagi wanita yang mengkonsumsi kopi. Mengkonsumsi kafein yang berlebih dapat mempengaruhi kondisi alat reproduksi wanita. Hal ini juga dapat menyebabkan penyakit pada bagian organ dalam tubuh wanita yaitu tuba falopi dan endometrium. Sehingga menyebabkan ketidaksuburan pada wanita, hal ini menyebabkan wanita susah mendapatkan keturunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *