LIBURAN KE PANTAI BANDENGAN JEPARA YUK SAMBIL MENIKMATI SUNSET

Pantai Bandengan ini juga merupakan sebuah tempat yang juga menjadi tempat rekreasi atau tempat berwisata. Dan suatu objek wisata itu juga dapat berupa alam seperti gunung, sungai, danau, pantai, laut atau juga bisa berupa objek wisata bangunan. Seperti Museum, Benteng atau juga Situs Peninggalan Sejarah. Tentunya Objek Wisata juga merupakan sesuatu yang ada di daerah tersebut. Dan dengan tujuan wisata yang merupakan dapat menjadi daya tarik agar orang – orang mau datang berkunjung. Tentunya wisata Pantai Bandengan ini juga termasuk ke semua tempat atau juga keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata. Dan dibangun atau juga dikembangkan sehingga memiliki daya tarik dan juga diusahakan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi tentunya.

Menurut Undang – Undang juga pariwisata merupakan segala sesuatu seperti macam kegiatan wisata yang juga dilayani oleh pemerintah. Dan masyarakat atau juga pengusaha beserta dengan fasilitasnya. Kata Pariwisata ini juga berasal dari bahasa jawa Sansekerta, yakni terdiri dari 2 bagian yaitu “Pari dan Wisata”. Arti dari kata “Pari” adalah bersama atau juga dapat berkeliling sedangkan arti kata “Wisata” adalah perjalanan. Dan jika di gabungkan kedua kata tersebut juga memiliki artian yakni melakukan kegiatan perjalanan berkeliling dan meninggalkan tempat awal dan menuju ke tempat yang lain. Wisatawan merupakan orang yang melakukan kegiatan wisata. Dan orang-orang yang berwisata tersebut juga dapat melakukan kunjungan kurang lebih 24 jam di suatu tempat tentunya dengan tujuan berwisata pastinya.

PANTAI BANDENGAN

Pantai Bandengan ini berada di pesisir utara Jawa dan tentunya menjadi tujuan utama wisatawan jika hari libur telah tiba. Pantai Bandengan ini terletak di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Jepara. Tentu saja nama Bandengan sendiri berkaitan dengan legenda pada zaman dahulu. Yakni dengan legenda asal mula Kepulauan Karimun Jawa dan dahulu dikisahkan putra Sunan Muria bernama Amir Hasan. Beliau diperintahkan untuk pergi mendalami dan menyebarkan agama di Karimun Jawa. Pada saat itu beliau tiba di sebuah pantai dan menemukan banyak sekali ikan bandeng sehingga pantai tersebut dinamakan Pantai Bandengan. Pada awalnya juga Pantai Bandengan ini bernama Pantai Tirta Samudera. Pantai Bandengan ini memiliki jarak kurang lebihnya 7km dari pusat kota Jepara. Pantai Bandengan ini juga memiliki penampilan layaknya pantai di Jawa dengan pesona pasir kuning keemasan dan air lautnya yang biru cerah.

Selain itu kamu juga dapat menikmati liburan disini dan yang paling banyak di buru oleh wisatawan adalah Sunset pastinya. Sunset atau juga matahari terbenam merupakan hal yang paling di tunggu pastinya. Matahari terbenam juga biasa di sebut dengan swastamita adalah sebuah waktu di mana matahari menghilang di bawah garus cakrawala di bagian sebelah barat. Dan warna merah di langit juga pada waktu matahari terbit atau terbenam ini si sebabkan oleh kombinasi hamburan Rayleigh warna biru dan juga tingkat kepadatan Atmosfir bumi.

Cakrawala juga biasa di sebut dengan kaki langit atau horizon atau juga ufuk. Merupakan garis yang memisahkan bumi dari langit. Tentu saja Pantai Bandengan ini sangat cocok untuk menikmati indahnya sunset bersama pasangan bahkan keluarga juga mengasikkan pastinya. Pantai Bandengan sendiri ini juga sangat populer pastinya di kalangan masyarakat menjadikan tempat wisata ini ramai juga dikunjungi pastinya. Pantai Bandengan ini juga memiliki pasir kuning keemasan yang halus dan melandai. Juga memiliki khas pantai yakni deburan ombak yang jernih dan biru cerah. Yang pastinya di Pantai Bandengan ini memiliki banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan dengan berbagai wahana yang ada. Jepara sendiri terkenal dengan kota kelahiran Raden Ajeng Kartini dan populer dengan ukirannya. Tentu saja biasa di sebut dengan Kota Ukir.

Tentu saja di pantai ini kamu dapat melakukan berbagai kegiatan dan wahana yang telah disediakan oleh pengelola. Seperti olahraga air, berenang, bermain voli pantai, bermain pasir atau juga bersepeda dia area sekitar pantai. Di pinggir pantai ini juga telah terdapat deretan gazebo yang dapat kamu gunakan untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan laut. Dan dapat kamu sewa biasanya hanya di tarif sebesar Rp.10.000 – Rp.20.000 saja. Jika kamu mau berlibur ke pantai bandengan ini, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.5000 saja. Dengan tiket semurah itu kamu bisa menikmati pemandangan pantai dan bermain di sini sampai puas pastinya.

Beberapa wahana di pantai bandengan ini juga telah tersedia dan dapat kamu coba bersama keluarga. Seperti banana boat, kano, wave house, jetski dan masih banyak lagi. Untuk fasilitas yang telah tersedia juga cukup lengkap pastinya seperti Mushola, Warung Makan, Tempat Parkir, Penginapan, dan beberapa toko-toko souvenir lainnya.

Beberapa manfaat pantai yang dapat kamu temukan:

  • Sebagai Tempat Rekreasi

Manfaat pantai itu juga sebagai tempat rekreasi tentunya. Pantai itu juga merupakan salah satu tempat yang indah dan juga menakjubkan. Tentunya pantai sudah menjadi salah satu tujuan utama dari para wisatawan baik lokal atau juga luar kota bahkan luar negeri. Pantai juga merupakan wisata alam yang menyajikan keindahan yang menakjubkan. Dengan adanya ombak, pasir, pepohonan, kuliner dan juga oleh-oleh nya. Menjadikan pantai ini untuk melepaskan penat dan juga menghibur diri dengan suasana pantai yang sangat meneduhkan suasana. Dengan adanya sunset di pantai menjadikan pelengkap para wisatawan tentunya.

  • Sumber Ketenangan Batin

Manfaat pantai ini juga tentunya sebagai ketenangan batin seseorang. Karena jika kamu sedang mengalami masalah tentunya dengan solusi ini. Kamu akan merasakan solusi dari masalah. Dan tentunya kamu akan memperoleh pikiran yang jernih dan juga bisa menyelesaikan masalah yang kamu hadapi. Dengan suara deburan ombak dan juga wangi khas dari pantai dapat membantu membuat tubuh kamu menjadi rileks. Dan pada akhirnya dapat menghilangkan penat.

  • Sebagai Lokasi Dan Juga Tempat Tinggal Nelayan

Manfaat lainnya juga sebagai lokasi dan juga tempat tinggal nelayan tentunya. Pantai juga sebagai salah satu lokasi yang juga biasa di jadikan lokasi tempat tinggal para nelayan. Pantai juga menjadi mata pencaharian utama bagi para nelayan.  Dan di bangun tempat tinggal agar lokasi nya juga tidak terlalu jauh sehingga dapat menambah pemasukan para nelayan. Tentunya mereka dapat menangkap ikan dan juga menjualnya. Para nelayan itu biasanya juga tergantung dengan pasang surut nya air laut dan sering terjadi di daerah pantai.

  • Sebagai Ikon Foto

Manfaat pantai tentunya sebagai lokasi berfoto. Dan pantai ini juga memiliki dataran yang luas dan dikelilingi dengan ombak dan juga pemandangannya yang indah. Tentunya banyak orang yang datang untuk berfoto atau juga sekedar untuk menikmati wisata alam nya. Biasanya pantai ini juga banyak di manfaatkan untuk berfoto-foto bersama teman atau juga yang hanya keperluan pribadi saja. Seperti foto pre-wedding atau juga yang lain nya.

  • Sebagai Usaha Pengolahan Garam

Selain itu juga sebagai usaha pengelolaan garam. Pantai tentunya juga dimanfaatkan sebagai kepentingan bisnis. Dan salah satunya yang bisa dilakukan adalah dengan mengolah garam. Air laut juga sedang naik akibat pasang dan akan meninggalkan kristal-kristal garam nya. Tentunya hal ini juga di manfaatkan oleh nelayan pinggir pantai. Selain juga mengolah garam tentunya dapat membuat garam sebagai tambahan mata pencaharian mereka. Dan dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari pastinya.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *