MENIKMATI INDAHNYA PANTAI BUYUTAN PACITAN JAWA TIMUR

Pantai Buyutan ini juga merupakan sebuah tempat tujuan berlibur sebagian banyak orang. Tempat wisata merupakan sebuah tempat yang juga menjadi tempat rekreasi atau tempat berwisata. Dan suatu objek wisata juga dapat berupa alam seperti gunung, sungai, danau, pantai, laut atau juga berupa objek wisata bangunan. Seperti Museum, Benteng atau juga Situs Peninggalan Sejarah. Tentunya Objek Wisata juga merupakan segala sesuatu yang ada di daerah dengan tujuan wisata yang merupakan dapat menjadi daya tarik agar orang – orang mau datang berkunjung.

Tentunya wisata ini merupakan semua tempat atau juga keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata. Dan dibangun atau juga dikembangkan sehingga memiliki daya tarik dan juga diusahakan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi tentunya. Menurut Undang – Undang, pariwisata juga merupakan segala macam kegiatan wisata yang juga dilayani oleh pemerintah. Dan masyarakat atau juga pengusaha beserta dengan fasilitasnya. Kata Pariwisata ini juga berasal dari bahasa jawa Sansekerta, yakni terdiri dari 2 bagian yaitu “Pari dan Wisata”. Arti dari kata “Pari” adalah bersama atau juga berkeliling sedangkan arti kata “Wisata” adalah perjalanan. Dan jika digabungkan adalah memiliki artian melakukan kegiatan perjalanan berkeliling dan meninggalkan tempat awal dan menuju ke tempat yang lain. Wisatawan merupakan orang yang melakukan kegiatan wisata. Dan orang tersebut dapat melakukan kunjungan kurang lebih 24 jam di suatu tempat tentunya dengan tujuan kunjungan untuk bersenang-senang.

PANTAI BUYUTAN

Pantai Buyutan ini juga termasuk wisata dengan pemandangan air laut di pesisir bibir laut. Tentunya sebagian banyak orang menikmati liburan mereka akan datang ke pantai. Selain juga hamparan angin laut yang sangat khas menjadikan tidak semua orang bisa menikmati pemandangan pantai setiap hari. Pantai Buyutan ini berada di daerah Donorejo, Karak tepatnya berada di Desa Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Tentunya untuk menuju pantai ini kamu dapat melalui jalur yang paling mudah yakni melewati Goa Gong jika kamu berada di dalam daerah Pacitan. Dan jika kamu dari daerah luar kota seperti Surabaya contohnya dapat menempuh perjalanan 5 sampai 6 jam perjalanan.

Jika kamu dari daerah Solo atau Jogja kamu bisa mengambil jalur Pacitan-Solo. Dan jika kamu sudah melihat masjid besar Punung di pertigaan kamu dapat belok kiri lalu belok kanan di pertigaan kedua dan akan bertemu di Goa Gong lalu terus lurus hingga sampai Kalak dan lihat papan petunjuk nya. Selain itu juga Pantai Buyutan ini terdapat sebuah batu karang yang berbentuk seperti Mahkota Dewa. Dan banyak yang mengisahkan bahwa Mahkota Dewa Narada jatuh ke laut ketika terbang dan berada di atas Pantai Buyutan ini. Dimana mahkota tersebut menjadi batu karang besar yang tidak jauh dari bibir pantai tersebut.

Tentunya Pantai Buyutan ini juga memiliki area camping dan juga sumber air tawar yang berasal dari mata air alami. Selain itu juga termasuk ter-masuk tempat untuk berenang, diving hingga surfing. Fasilitas umum lainnya juga sudah tersedia seperti lahan parkir dan juga kamar mandi. Pantai Buyutan ini memiliki objek wisata lainnya dan tidak hanya memiliki pasir putih saja yakni:

  • Perbukitan Karang

Di sini kamu dapat menemukan sebuah tempat untuk berkemah dan dapat melihat sunset. Kamu dapat berkemah dan memilih sendiri area dengan sabana yang juga cukup luas. Dan tidak terjal, kamu bisa menyalakan api unggun dan ditemani dengan nyanyian nan syahdu agar liburan semakin berkesan.

  • Batu Karang Mahkota Dewa Narada

Batu karang ini menyerupai sebuah mahkota yang tentunya tidak lepas dari cerita rakyat. Dan banyak yang mengisahkan bahwa Mahkota Dewa Narada jatuh ke laut ketika terbang dan berada di atas Pantai Buyutan ini. Dimana mahkota tersebut menjadi batu karang besar yang tidak jauh dari bibir pantai tersebut. Batu karang ini dapat kamu jadikan spot foto juga tentunya yang sangat instagramable.

  • Habitat Monyet

Di Pantai Buyutan ini kamu juga dapat menikmati nuansa alam bahari yang juga asri. Kamu dapat berjumpa dengan penghuni aslinya yakni Monyet. Pantai Buyutan ini tentunya termasuk kedalam wilayah yang masih alami dan terjaga habitatnya.

  • Spot Diving, Surfing dang Berenang

Dengan ombak laut yang juga cukup besar ini tentunya sangat cocok untuk berenang, diving bahkan surfing dengan menggunakan peralatan sendiri. Karena di Pantai Buyutan ini belum menyediakan tempat persewaan. Karakter ombak di sini juga terbilang cukup besar tetapi juga tidak berbahaya dimana ombak itu juga bersifat tidak menyeret dan akan pecah sebelum sampai di bibir pantai nya.

 

MANFAAT PANTAI BAGI KEHIDUPAN

  • Sebagai Tempat Rekreasi

Manfaat pantai itu juga sebagai tempat rekreasi tentunya. Pantai itu juga merupakan salah satu tempat yang indah dan juga menakjubkan. Tentunya pantai sudah menjadi salah satu tujuan utama dari para wisatawan baik lokal atau juga luar kota bahkan luar negeri. Pantai juga merupakan wisata alam yang menyajikan keindahan yang menakjubkan. Dengan adanya ombak, pasir, pepohonan, kuliner dan juga oleh-oleh nya. Menjadikan pantai ini untuk melepaskan penat dan juga menghibur diri dengan suasana pantai yang sangat meneduhkan suasana. Dengan adanya sunset di pantai menjadikan pelengkap para wisatawan tentunya.

  • Sumber Ketenangan Batin

Manfaat pantai ini juga tentunya sebagai ketenangan batin seseorang. Karena jika kamu sedang mengalami masalah tentunya dengan solusi ini. Kamu akan merasakan solusi dari masalah. Dan tentunya kamu akan memperoleh pikiran yang jernih dan juga bisa menyelesaikan masalah yang kamu hadapi. Dengan suara deburan ombak dan juga wangi khas dari pantai dapat membantu membuat tubuh kamu menjadi rileks. Dan pada akhirnya dapat menghilangkan penat.

  • Sebagai Lokasi Dan Juga Tempat Tinggal Nelayan

Manfaat lainnya juga sebagai lokasi dan juga tempat tinggal nelayan tentunya. Pantai juga sebagai salah satu lokasi yang juga biasa di jadikan lokasi tempat tinggal para nelayan. Pantai juga menjadi mata pencaharian utama bagi para nelayan.  Dan di bangun tempat tinggal agar lokasi nya juga tidak terlalu jauh sehingga dapat menambah pemasukan para nelayan. Tentunya mereka dapat menangkap ikan dan juga menjualnya. Para nelayan itu biasanya juga tergantung dengan pasang surut nya air laut dan sering terjadi di daerah pantai.

  • Sebagai Ikon Foto

Manfaat pantai tentunya sebagai lokasi berfoto. Dan pantai ini juga memiliki dataran yang luas dan dikelilingi dengan ombak dan juga pemandangannya yang indah. Tentunya banyak orang yang datang untuk berfoto atau juga sekedar menikmati wisata alam nya. Biasanya pantai ini juga banyak di manfaatkan untuk berfoto-foto bersama teman atau juga yang hanya keperluan pribadi saja. Seperti foto pre-wedding atau juga yang lain nya.

  • Pemanfaatan Pasir

Manfaat pantai yang terakhir adalah sebagai pemanfaatan pasir nya. Tentu saja tidak hanya pantai saja yang bisa menyajikan keindahan atau juga kenyamanan. Tetapi sebagian kecil juga pantai ini memiliki pasir yang sangat bermanfaat tentunya. Dan sebagian banyak orang juga memanfaatkan pasir pantai ini untuk melakukan metode relaksasi atau juga metode untuk kecantikan. Dengan cara seperti mengubur diri di dalam pasir pantai hingga batas leher kamu. Dan biarkan hingga kuran lebih nya beberapa jam saja. Bahwasanya dipercaya juga dapat membantu membersihkan dan juga menghaluskan kulit. Selain itu juga kamu juga bisa untuk mengambil atau membuat menjadi hiasan atau juga kerajinan tangan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *