PANTAI CEMARA SEWU DENGAN KEINDAHAN POHON CEMARANYA YANG ASRI

Pantai Cemara Sewu sendiri merupakan salah satu pantai di Yogyakarta. Menempati urutan kedua di tanah air setelah Bali dan dari sisi banyaknya wisatawan yang berkunjung di DIY. Tentu saja Yogyakarta tidak berhenti membenahi sektor pariwisatanya. Baik dari segi fasilitas yang berada di sejumlah tempat wisata yang telah ada maupun membuka atau menambah objek wisata baru. Tak heran juga dari waktu ke waktu bahwa daftar Spot Wisata yang berada di Yogyakarta semakin terus bertambah. Tentu saja dari mulai wisata buatan bahkan ada yang benar-benar baru sampai dengan memberdayakan potensi alam. Dari semula yang tidak tersentuh atau dimanfaatkan untuk kepentingan lain juga dialih fungsikan menjadi objek wisata. Pantai Cemara Sewu ini berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Untuk rute menuju Pantai Cemara Sewu sendiri berada dekat dan satu kawasan dengan Pantai Parangtritis, Gumuk Pasir Parangkusumo, dan Pantai Parangkusumo. Tepatnya berada di Jalan Pantai Parangkusumo, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DIY. Jika kamu ingini menuju ke Pantai Cemara Sewu hanya tinggal mengikuti rute menuju Pantai Parangtritis. Lalu menuju ke Gumuk Pasir dan terus ke barat hingga sampai ke Pantai Parangkusumo lalu dilanjutkan kurang lebihnya 500meter maka kamu akan sampai di Pantai Cemara Sewu.

Pantai Cemara Sewu ini juga merupakan sebuah tempat yang juga menjadi tempat rekreasi atau tempat berwisata. Dan suatu objek wisata itu juga dapat berupa alam seperti gunung, sungai, danau, pantai, laut atau juga bisa berupa objek wisata bangunan. Seperti Museum, Benteng atau juga Situs Peninggalan Sejarah. Tentunya Objek Wisata juga merupakan sesuatu yang ada di daerah tersebut. Dan dengan tujuan wisata yang merupakan dapat menjadi daya tarik agar orang – orang mau datang berkunjung. Tentunya wisata Pantai Cemara Sewu ini juga termasuk ke semua tempat atau juga keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata. Dan dibangun atau juga dikembangkan sehingga memiliki daya tarik dan juga diusahakan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi tentunya.

Menurut Undang – Undang juga pariwisata merupakan segala sesuatu seperti macam kegiatan wisata yang juga dilayani oleh pemerintah. Dan masyarakat atau juga pengusaha beserta dengan fasilitasnya. Kata Pariwisata ini juga berasal dari bahasa jawa Sansekerta, yakni terdiri dari 2 bagian yaitu “Pari dan Wisata”. Arti dari kata “Pari” yaitu bersama atau juga berkeliling sedangkan arti kata “Wisata” adalah perjalanan. Dan jika di gabungkan kedua kata tersebut juga memiliki artian yakni melakukan kegiatan perjalanan berkeliling dan meninggalkan tempat awal dan menuju ke tempat yang lain. Wisatawan merupakan orang yang melakukan kegiatan wisata. Dan orang-orang yang berwisata tersebut juga dapat melakukan kunjungan kurang lebih 24 jam di suatu tempat tentunya dengan tujuan berwisata pastinya.

Sunset atau juga matahari terbenam merupakan hal yang paling di tunggu pastinya. Matahari terbenam juga biasa di sebut dengan swastamita adalah sebuah waktu di mana matahari menghilang di bawah garus cakrawala di bagian sebelah barat. Dan warna merah di langit juga pada waktu matahari terbit atau terbenam ini si sebabkan oleh kombinasi hamburan Rayleigh warna biru dan juga tingkat kepadatan Atmosfir bumi. Cakrawala juga biasa di sebut dengan kaki langit atau horizon atau juga ufuk. Merupakan garis yang memisahkan bumi dari langit.

Tentu saja Pantai Cemara Sewu ini sangat cocok untuk menikmati indahnya sunset bersama pasangan bahkan keluarga juga mengasikkan pastinya. Pantai Cemara Sewu sendiri ini juga sangat populer pastinya di kalangan masyarakat menjadikan tempat wisata ini ramai juga dikunjungi pastinya. Pantai Cemara Sewu ini juga memiliki pasir putih yang halus dan melandai. Juga memiliki khas pantai yakni deburan ombak yang jernih dan biru cerah. Yang pastinya di Pantai Cemara Sewu ini memiliki banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan dengan berbagai wahana yang ada.

FASILITAS DAN HARGA TIKET MASUK

Pantai Cemara Sewu tentu saja memiliki tiket masuk yang sudah dikemas menjadi satu paket. Yakni hanya dengan membeli satu lembar tiket kamu dapat mengunjungi beberapa tempat wisata pantai tersebut. Untuk Pantai Cemara Sewu sendiri penarikan tiket sudah dilakukan pada saat memasuki pintu gerbang Pantai Parangtritis dan hanya dengan harga sebesar Rp.5000 saja. Tiket tersebut juga selain dapat dipakai untuk mengunjungi Pantai Parangtritis juga dapat dipakai untuk memasuki kawasan Pantai Parangkusumo, Gumuk Pasir Parangkusumo dan juga Pantai Cemara Sewu. Kamu hanya membayar ongkos parkir kendaraan saja yang dilakukan penarikan sendiri sebesar Rp.5000 dan Rp.10.000 saja. Dengan harga tiket yang tergolong murah pastinya Pantai Cemara Sewu ini juga telah memberikan fasilitas umum bagi para pengunjung.

Fasilitas tersebut antara lain seperti kamar mandi, WC, mushola, area parkir, camping ground dan juga gazebo atau juga gubuk yang telah ada di pinggir pantai. Bagi para pengunjung yang pastinya ingin menikmati makanan dan minuman tentu saja telah tersedia beberapa warung sederhana. Pastinya menjual berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga yang ramah di pinggir Pantai Cemara Sewu. Karena Pantai Cemara Sewu ini merupakan objek wisata baru tentu saja belum ada satu pun penginapan. Jadi sebaiknya kamu jika datang dari luar kota sebaiknya untuk mencari penginapan di sekitar Pantai Parangtritis saja.

  • Sebagai Tempat Rekreasi

Manfaat pantai itu juga sebagai tempat rekreasi tentunya. Pantai itu juga merupakan salah satu tempat yang indah dan juga menakjubkan. Tentunya pantai sudah menjadi salah satu tujuan utama dari para wisatawan baik lokal atau juga luar kota bahkan luar negeri. Pantai juga merupakan wisata alam yang menyajikan keindahan yang menakjubkan. Dengan adanya ombak, pasir, pepohonan, kuliner dan juga oleh-oleh nya. Menjadikan pantai ini untuk melepaskan penat dan juga menghibur diri dengan suasana pantai yang sangat meneduhkan suasana. Dengan adanya sunset di pantai menjadikan pelengkap para wisatawan tentunya.

  • Sumber Ketenangan Batin

Manfaat pantai ini juga tentunya sebagai ketenangan batin seseorang. Karena jika kamu sedang mengalami masalah tentunya dengan solusi ini. Kamu akan merasakan solusi dari masalah. Dan tentunya kamu akan memperoleh pikiran yang jernih dan juga bisa menyelesaikan masalah yang kamu hadapi. Dengan suara deburan ombak dan juga wangi khas dari pantai dapat membantu membuat tubuh kamu menjadi rileks. Dan pada akhirnya dapat menghilangkan penat.

  • Sebagai Lokasi Dan Juga Tempat Tinggal Nelayan

Manfaat lainnya juga sebagai lokasi dan juga tempat tinggal nelayan tentunya. Pantai juga sebagai salah satu lokasi yang juga biasa di jadikan lokasi tempat tinggal para nelayan. Pantai juga menjadi mata pencaharian utama bagi para nelayan.  Dan di bangun tempat tinggal agar lokasi nya juga tidak terlalu jauh sehingga dapat menambah pemasukan para nelayan. Tentunya mereka dapat menangkap ikan dan juga menjualnya. Para nelayan itu biasanya juga tergantung dengan pasang surut nya air laut dan sering terjadi di daerah pantai.

  • Sebagai Ikon Foto

Manfaat pantai tentunya sebagai lokasi berfoto. Dan pantai ini juga memiliki dataran yang luas dan dikelilingi dengan ombak dan juga pemandangannya yang indah. Tentunya banyak orang yang datang untuk berfoto atau juga sekedar menikmati wisata alam nya. Biasanya pantai ini juga banyak di manfaatkan untuk berfoto-foto bersama teman atau juga yang hanya keperluan pribadi saja. Seperti foto pre-wedding atau juga yang lain nya.

 

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *